Mc Donald’s Indonesia telah melayani masyarakat Indonesia
selama 25 tahun. Mengukir cerita yang tak pernah dimakan usia dan mengundang
senyum ketika mengingatnya. Mc Donald’s pertama kali didirikan oleh Ray Krock
pada tahun 1955, di Amerika. Dan berkembang pesat diseluruh penjuru dunia
termasuk Indonesia. Mc Donald’s Indonesia pertama dibuka di Sarinah ,Jakarta
Pusat pada tahun 1991. Mc Donald’s mengalami perkembangan signifikan dengan
menjadi salah satu restoran cepat saji yang digemari masyarakat Indonesia.
Kesuksesan McDonald’s tidak lepas dari manajemen mutu yang
menjamin kualitas produknya. Perusahaan yang bercita – cita menjadi restoran
cepat saji dengan pelayanan terbaik di dunia , harus melakukan beberapa tahapan
penerapan ISO 9001:2008(QMS) antara lain : Gap Analysis, Pelatihan dan
Persiapan, pengembangan system dan dokumentasi, implementasi system dan
dokumen, audit internal dan tinjauan manajemen, dan sertifikasi.
Manajemen mutu yang didapatkan oleh perusahaan Mc Donald’s diwujudkan melalui beberapa strategi
antara lain : Strategi Penjualan , Strategi Prmosi .
Adapun beberapa
strategi penjualan sebagai berikut:
1. Menjalin kerja sama dengan perusahaan lain,
seperti perusahaan Coca Cola, Teh Botol Sosro.
2. Melakukan pengakuan atas brand perusahaan.
3. Strategi periklanan yang dibuat menarik seperti
kata – kata “I’m Loving It” dan jingle “Mana lagi … selain di McD”.
4. Aktif dalam kegiatan amal anak- anak,seperti RMHC (Ronald McDonald House Charities)
Indonesia .
5. Menyediakan sistem delivery order untuk memudahkan konsumen dalam memesan dan
menikmati menu Mc Donald’s.Kini telah berinovasi dengan system online di www.mcdelivery.co.id .
6. Menyediakan Sistem Drive Thru ,dimana konsumen dapat
memesan menu Mc Donald’s lebih cepat
dengan melewati jalur drive thru sesuai pejunjuk tanpa harus turun dari
kendaraan.
Beberapa Strategi Promosi sebagai berikut :
1. Promotion
Public Relation , yang dilakukan melalui hospitality dengan memberikan
pelayanan yang lebih kepada pelanggan melalui magic moment.
2. Advertising, dilakukan dengan melalui dua cara .
Pertama melalui above the line yaitu
kerja sama dengan station radio local untuk menginformasikan event –
event yang di adakan oleh mc’donalds. Kedua melalui below the line seperti spanduk , poster , brosur , standing banner ,
hanging mobile , translate dan back drop .
3.
Show case yaitu berupa merchandise mc’donalds
4. Event , yang dilaksanakan di Mc Donalds yang
bisa dijadikan sebagai sarana promosi untuk melakukan kerja sama dengan
perusahaan – perusahaan lain.
Selain beberapa strategi tersebut perusahaan Mc Donald's juga
melakukan beberapa upaya kreatif untuk meningkatkan
pelayanan bagi konsumen dengan berinovasi dan menambah menu Mc Donald’s.
Kesimpulan
Dibalik kesuksesan Mc Donald’s dalam melayani masyarakat
Indonesia , tentunya terdapat sistem manajemen yang terstruktur sehingga dapat
meningkatkan pelayanan kepada konsumen ,
terbukti Mc Donald’s telah melayani masyarakat Indonesia selama 25 tahun dan memiliki cabang yang tersebar luas di
Indonesia.
Sumber:
ahlimanajemenpemasaran.com/2012/02/strategi-pemasaran-mcdonald/
Tammam.mhs.narotama.ac.id/menejemen-strategi-mc-donalds/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar