Selasa, 05 April 2016

Strategi Manajemen dibalik kesuksesan 25 tahun Mc Donald’s



Mc Donald’s Indonesia telah melayani masyarakat Indonesia selama 25 tahun. Mengukir cerita yang tak pernah dimakan usia dan mengundang senyum ketika mengingatnya. Mc Donald’s pertama kali didirikan oleh Ray Krock pada tahun 1955, di Amerika. Dan berkembang pesat diseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Mc Donald’s Indonesia pertama dibuka di Sarinah ,Jakarta Pusat pada tahun 1991. Mc Donald’s mengalami perkembangan signifikan dengan menjadi salah satu restoran cepat saji yang digemari masyarakat Indonesia.

Kesuksesan McDonald’s tidak lepas dari manajemen mutu yang menjamin kualitas produknya. Perusahaan yang bercita – cita menjadi restoran cepat saji dengan pelayanan terbaik di dunia , harus melakukan beberapa tahapan penerapan ISO 9001:2008(QMS) antara lain : Gap Analysis, Pelatihan dan Persiapan, pengembangan system dan dokumentasi, implementasi system dan dokumen, audit internal dan tinjauan manajemen, dan sertifikasi.

Manajemen mutu yang didapatkan oleh perusahaan Mc Donald’s diwujudkan melalui  beberapa strategi antara lain : Strategi Penjualan , Strategi Prmosi .
      Adapun beberapa strategi penjualan sebagai berikut:
1.     Menjalin kerja sama dengan perusahaan lain, seperti perusahaan Coca Cola, Teh Botol Sosro.
2.   Melakukan pengakuan atas brand perusahaan.
3.    Strategi periklanan yang dibuat menarik seperti kata – kata “I’m Loving It” dan jingle “Mana lagi … selain di McD”.
4.  Aktif dalam kegiatan amal anak- anak,seperti  RMHC (Ronald McDonald House Charities) Indonesia .
5.  Menyediakan sistem delivery order  untuk memudahkan konsumen dalam memesan dan menikmati menu Mc Donald’s.Kini telah berinovasi dengan system online di www.mcdelivery.co.id .
6.    Menyediakan Sistem Drive Thru ,dimana konsumen dapat memesan menu Mc Donald’s lebih cepat  dengan melewati jalur drive thru sesuai pejunjuk tanpa harus turun dari kendaraan.

Beberapa Strategi Promosi sebagai berikut :
1.   Promotion Public Relation , yang dilakukan melalui hospitality dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan melalui magic moment.
2.    Advertising, dilakukan dengan melalui dua cara . Pertama melalui above the line yaitu  kerja sama dengan station radio local untuk menginformasikan event – event yang di adakan oleh mc’donalds. Kedua melalui below the line seperti  spanduk , poster , brosur , standing banner , hanging mobile , translate dan back drop .
3.      Show case yaitu berupa merchandise mc’donalds
4.   Event , yang dilaksanakan di Mc Donalds yang bisa dijadikan sebagai sarana promosi untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan – perusahaan lain.

Selain beberapa strategi tersebut perusahaan Mc Donald's juga melakukan  beberapa upaya kreatif untuk meningkatkan pelayanan bagi konsumen dengan berinovasi dan menambah menu Mc Donald’s.        


Kesimpulan
Dibalik kesuksesan Mc Donald’s dalam melayani masyarakat Indonesia , tentunya terdapat sistem manajemen yang terstruktur sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada konsumen ,  terbukti Mc Donald’s telah melayani masyarakat Indonesia  selama 25 tahun  dan memiliki cabang yang tersebar luas di Indonesia.

Sumber:
ahlimanajemenpemasaran.com/2012/02/strategi-pemasaran-mcdonald/
Tammam.mhs.narotama.ac.id/menejemen-strategi-mc-donalds/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar